1. [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    emomeme/allthethingsfull.png

    Bung dan Seus Pasebania!
    Pada kangen ga sama Paseban Guest? pasti kangen kan karena sudah sekitar 5 minggu event live discussion online bermanfaat dan berhadiah ini tidak hadir. Paseban Guest ke 9 akan berbeda dari Paseban Guest sebelumnya karena Padmin akan langsung bersama narasumber yaitu Bapak KH. Ahmad Cholil Ridwan, Lc. Beliau adalah salah satu Ketua MUI Pusat yang telah menjabat lebih dari 10 tahun, untuk lebih mengenal beliau silahkan simak profilnya disini berlokasi di Pesantren Modern Husnayain - Sukabumi (simak profil pesantren tersebut disini )

    Dan seperti biasa akan ada hadiah untuk pertanyaan-pertanyaan terbaik pilihan padmin, hadiahnya adalah Voucher Pulsa Telkomsel 500 ribu untuk 5 orang pengguna Telkomsel dengan ketentuan pemenang adalah member paseban pengguna Telkomsel dan 2 buah buku Solusi Islam - Jawaban Praktis dan Lugas Atas Persoalan Umat untuk 2 orang pengguna nomor selain Telkomsel. Jangan lupa juga melengkapi data profil dan minimal friends harus 5 orang untuk jadi pemenang dan tentunya mengajukan pertanyaan seputar materi di discussion ini. Berikut materi yang akan sampaikan


    Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    Oleh Ahmad Cholil Ridwan, Lc.

    [Paseban Guest 9] Bahaya  Perdukunan dan Peramalan
    Hidup manusia di zaman-zaman tertentu khususnya di zaman Nabi Musa Alaihis Salaam, sudah didominasi oleh perdukunan, sihir dan peramalan. Raja Mesir waktu itu Fir’aun telah mengaku sebagai Tuhan atau sederajat dengan Tuhan, berambisi untuk terus menjadi raja seumur hidup yang berkuasa seperti Tuhan. Untuk itulah Fira’un memelihara ratusan tukang sihir dan tukang ramal. Akan tetapi Allah membekali Nabi Musa Alaihis Salaam dengan tongkat yang ampuh atau sakti untuk melawan Fira’un. Salah satu kesaktiannya adalah kalau tongkat itu dibuang di tanah, tongkat itu bisa berubah wujud menjadi ular besar yang hidup. Juga ketika di pukulkan kelaut merah, air laut terbelah menjadi membuka jalan lebar yang diapit oleh dua tebing yang curang seperti air beku. Walhasil Fira’un penguasa yang berlindung kepada tukang sihir dan ahli nujum dikalahkan oleh Nabi Musa dengan tongkat mu’jizatnya pemberian Allah.

    Santet, guna-guna, tenung atau teluh dan praktek perdukunan lainnya (tidak termasuk dukun beranak dan dukun patah tulang hehe emofugue/grin.png) adalah bagian dari sihir. Dan sihir itu adalah bagian dari istidraj. Berbeda dengan mu’jizat, mu’jizat adalah keajaiban diluar kemampuan manusia biasa yang diberikan oleh Allah kepada para Rasul dan para Nabi. Karamah diberikan untuk para wali, seperti wali Songo dipulau Jawa. Dan Mau’nah untuk orang-orang saleh.
    Nah sihir,perdukunan dan peramalan atau kemampuan yang lebih tinggi dari manusia kebanyakan termasuk “Istidraj”. Istidraj tidak diberikan langsung oleh Allah, tetapi mereka belajar kepada Iblis atau keturunannya (Jin Jahat) atau mendapat bantuannya dan dibiarkan oleh Allah.

    Wahai kawula muda! Jika anda punya kesulitan hidup, JANGAN datang ke ahli nujum atau tukang ramal atau para eyang yang mengaku punya kekuatan ghaib. Dan kalau sedang bersaing dengan seseorang kemudian datang ketukang sihir untuk menyantet saingan anda!, JANGAN sekali lagi JANGAN !!!.
    Karena pekerjaan itu temasuk kategori SYIRIK ! syirik adalah DOSA BESAR. Didalam surat Luqman ada ayat yang maknanya sebagai berikut : “sesungguhnya SYIRIK itu dosa yang sangat besar”. Sehingga ada ayat lain yg mengancam anda-anda kawula muda, maknanya: “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Taala tidak akan mengampuni dosa syirik dan akan mengampuni semua dosa kecuali dosa SYIRIK”. Naudzu billahi min dzaalik.

    Yang lebih dahsyat lagi ,ada ayat qur’an yang maknanya : “sekali saja anda berbuat SYIRIK ,semua pahala amal ibadahmu (kalau punya) akan terhapus dengan sendirinya dan di Akhirat nanti pasti kamu termasuk orang-orang yang merugi !” Maadzallaah.!

    Hai kawula muda! ada juga hadits yang wajib diambil perhatian. Maknanya sebagai berikut : “ Siapa yang datang kepada ahli nujum, kemudian dia bertanya sesuatu tentang dirinya, main-main apalagi sungguhan, pasti sholatnya ditolak selama 40 hari 40 malam”. Jangan coba2 ya !

    Sudah lah, kawula muda kan kalau sholat wajib 5 kali sehari semalam, wajib membaca Al Faatihah disetiap rakaat. Nah didalam rukun sholat yang ini kan anda selalu mengucap statemen : “Hanya kepada Engkau aku beribadah, dan hanya kepada Engkaulah aku MEMINTA PERTOLONGAN”
    Jadi kalau kawula muda punya problema dan pertanyaan dalam kehidupan anda, sekali kali jangan datang ke Eyang-eyang, duku-dukun, tukang-tukang ramal , orang-orang pintar, apa lagi tukang Sihir.

    Bersihkan angan-angan mu dari angan-angan yang seperti itu. Kemana anda harus pergi ? jawabannya hanya satu, buka Al-Qur’an pasti anda akan menemukan ayat yang maknanya: “Bertanyalah kepada “Ahladzzikri” !. Ahludzzikri disini adalah Ahlu ilmi yang saleh. Kalau enggak tahu siapa ahludzzikri yang saleh itu datang aja ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Belum perlu ke MUI pusat cukup ke MUI Kota/Kabupaten atau MUI tingkat Provinsi.

    Kasus yang melibatkan banyak artis yang sempat membahana di TV nasional, yang ekornya masih sering muncul di layar TV telah difatwakan oleh MUI Pusat bahwa orang termaksud telah menyimpang dari akidah dan syariah Islam dengan melakukan praktek perdukunan dan peramalan.
    Wallohu a’lam. (AChoR)

    Last Edited by Paseban Admin at
  2. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Pedukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Pasebania yang terpilih sebagai penanya terbaik dan akan mendapatkan pulsa masing-masing 100 ribu dari Telkomsel adalah
    Aniza Rachmawati
    Iwan Setyo Hary Cahyanto
    Tanfidzul ihsan
    Dina Khairini
    Miftahurrahmah Ayuni
    Silahkan konfirmasi dengan cara kirim message ke Padmin dengan subjek Paseban Guest 9 Telkomsel berisi nomor Telkomsel yang digunakan untuk login ke Paseban

    Pasebania yang terpilih sebagai penanya terbaik dan akan mendapatkan buku Solusi Islam - Jawaban Praktis dan Lugas Atas Persoalan Umat adalah
    hendri widiatmojo
    faradina nurul suci
    Silahkan konfirmasi dengan cara kirim message ke Padmin dengan subjek Paseban Guest 9 Buku berisi nama, alamat lengkap dan nomor hp. Padmin akan kirim hadiah buku ke alamat kamu

    yang belum beruntung hari ini janga khawatir, Padmin akan mengadakan event-event berhadiah yang lainnya

    Bagi Pasebania yang juga berminat menjadi Special Guest, silakan kirim data Anda ke email info@paseban.com dengan format sebagai berikut:
    1. Subjet Email: Apply Special Guest
    2. Tema Materi yang akan disampaikan (boleh di-attach di email)
    3. Profile Personal / Community

    Last Edited by Paseban Admin at
  3. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

    Bagaimana hukumnya kalau membaca dan mempercayai ramalan zodiak karena anak muda sekarang masih ada yang mempercayai hal tersebut? Apakah termasuk ke dalam syirik ?

    Terima Kasih jawabannya

  4. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    sebenarnya bagaimana sih status hubunmgan para dukun dukun dan juga peramal dengan para setan setan laknatuallah

  5. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    assalamualaikum pak ustadz yg semoga d rahmati Alloh. emofugue/smiley.png
    seperti teman2 yg lain, d sini sy mau mengajukan pertanyaan, yaitu :
    1. Sperti yg kita ktahui, zaman udh smkn modern, bgitu jg dgn dukun, ada versi "modern"nya. klo dulu dukun sngat identik dgn bau kemenyan n dupa, pkaian serba hitam, pkai jimat, dsb. skrng sdh banyak dukun yg pnampilanx bak kyai. pakaian putih lngkp dgn sorban, tenteng tasbih kmana2, tiap bca mantra d selipkan dgn ayat2 Al-Quran, sehingga kita benar2 tidak tau klo dia seorang dukun. nah prtanyaan sy, bagaimana cra kita mmbedakan antra "dukun putih" tsb dgn kyai sungguhan?
    2. Ibu sy brasal dr daerah X (tkut ada yg trsinggung) d mana pnduduk daerah trsbt bnar2 mnjunjung tinggi rasa hormat trhadap leluhur n org2 agamis (atau biasa mreka sebut "tuan guru"). rasa hormat tsb seringkali mnjurus pd kesyirikan. sy msh ingat, swaktu kcil sy bberapa kali d ajak berziarah k makam leluhur, d makam para leluhur tsb mreka mengambil ranting kecil, memasukannya dlm air. lalu air itu d minum dan d pakai untk cuci muka. Mereka prcaya bhwa hal itu dpt mmbawa maslahat sperti kesehatan, kekayaan dan kepintaran. Alhamdulillah keluarga sy diberi hidayah oleh Alloh shingga kami brhenti mlakukan hal2 tsb. Akan tetapi keluarga besar ibu sy msh mlakukan praktik tsb. Pertanyaan sy, bagaimanakah upaya yg tepat untuk menyadarkan mereka?
    mengingat segala nasehat sdh kami sampaikan, tp mereka menanggapinya dgn "halah, km anak baru kmrn sore nggak usah sok"

    Jakallohu khoiran katsiran sebelumnya ustadz atas jawaban dr prtanyaan sy yg lumayan panjang ini, hehehe emofugue/smiley.png

  6. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    assalamualaikum wr. wb. pak ustad
    saya mau tanya nih
    1. sebenernya apa sih perbedaan paranormal dan dukun?
    kan banyak tuh di tv paranormal yg terkenal jd selebriti gtu
    apa hukum nya pak ustadz?
    knapa masyarakat membiarkan paranormal tersebut berkeliaran dilayar kaca tv, jikalau memang paranormal itu juga termasuk dalam perbuatan musyrik?
    bagaimana upaya mengubah pola pikir mereka agar tidak percaya kepada hal2 yg berbau perdukunan?
    2. paman saya yang secara tidak sengaja di ramal oleh peramal bahwa dia nanti akan sukses pada umur 50 tahun an, dan setelah dia menginjak usia kepala 5, ternyata apa yg di katakan peramal itu benar,,, apa hukumya seperti itu, pak ustadz??
    apakah amal ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah ??

    trimakasih

    Last Edited by Laily Nur Azizah at
  7. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    sepertinya itu sudah termasuk ke dalam kategori syirik karena dia meyakini hal-hal yang datang bukan dari qur'an dan hadits

  8. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dalam tradisi jawa, kita sering melihat bnyak org pergi ke orang pintar menanyakan tanggal baik untuk acra pernikahan atau acara2 lain. Apakah hal tersebut juga termasuk perbuatan syirik? Jika iya, bagaimana cara menyikapinya, jika hal tersebut sudah tertanam dalam kepercayaan bahkan telah menjadi suatu tradisi dan adat istiadat orang jawa?
    Terima kasih

  9. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    bahaya banget ya

  10. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Saya mau nanya nih.
    Santet itu sama tidak dengan sihir?
    Sebenarnya santet itu ada atau ga ada di dunia ini?
    Jika ada, bagaimana cara kita agar terhindar dari santet?

    Terima kasih. Mohon maaf bila ada salah kata.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  11. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    assalamu'alaikum ustadz

    ustadaz saya mau tanya, apakah boleh seseorang yang meminta sesuatu kepada Allah tapi minta di doakan lewat perantara kiai, ulama atau orang pintar dengan harapan doanya akan cepat di ijbaah
    apakah itu termasuk musryik ustdaz?

    terima kasih emofugue/grin.png
    wassalamu'alaikum

  12. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalamu'alaikum wr wb. Kepada Bapa Kyai, mau nanya. Apakah benar, katanya konflik di palestina hanya demi buku tentang sihir, perdukunan, dan perbintangan. Yang di kubur di bawah mesjid al aqso pada zaman nabi sulaiman as.
    Dan banyak yang mengatakan bahwa pada akhir zaman nanti akan kembali marak ahli ahli sihir seperti pada zaman nabi musa as. Apakah semua itu benar...?

    Last Edited by Yusuf Supriatna at
  13. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalamuaikum wr wb .
    Bpk.KH. Ahmad Cholil Ridwan, salam kenal sebelum nya ,sama dengan teman2 yang lain aku ingin mengajukan pertanyaan sedikit tentang bahaya perdukunan dan peramalan ?
    knp skng di masyarakat umum masih sering percaya praktek2 perdukunan dan peramalan ,, contohnya : kalua ada yang sakit minta obat larinya pada orang pintar , ada lagi benda mati yang sudah di jampi2 oleh orang pintar / dukun dipercayai aja oleh masyarakat kta adanya kekuatan untuk menolong ,,
    kalau hal itu bagaimana hukumnya ,, serta tidakanya yang baik untuk mengatasinya dan memberi saranya kepada masyarakat tersebut ..
    tolong penjelasanya makasih

  14. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Hukum menjadi dukun atau peramal adalah syirik ?

  15. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0


    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.. Bagaimana hukumnya kalau membaca dan mempercayai ramalan zodiak karena anak muda sekarang masih ada yang mempercayai hal tersebut? Apakah termasuk ke dalam syirik ? Terima Kasih jawabannya

    Iya..... emofugue/grin.png
  16. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalammu'alaikum Pak ustadz.. Semoga pak ustadz sehat wal afiat.

    Mau tanya pak ustadz, di TV saya pernah lihat ada acara pemburu hantu (yang katanya) ustadz. Apakah sebenarnya praktek ini dibolehkan dalam Islam? Dan apakah kemampuannya itu termasuk Ma'unah?

    Lalu kalau kita pernah tidak sengaja/tidak sadar mengikuti usulan orang yg ternyata "orang pintar", taubat seperti apa yang sebaiknya dilakukan?

    Terima kasih sebelumnya pak ustadz.. Wassalam emofugue/smiley.png

  17. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    salam ya ustadz....
    menyikapi fenomena sihir atau santet, saya jadi teringat para pemburu hantu yang kerap kali menjadikan ayat qur'an sebagai jimat untuk melumpuhkan "hantu-hantu" kedalam botol atau yang lainnya,

    saya mohon penjelasan nya, apakah perbuatan tersebut bisa termasuk kedalam kategori syirik? kalo tidak -termasuk kedalam kategori apa? dan bagaimana nya bagi orang yang percaya atau pelaku beserta pemakai jasanya?

    jazakumulloh khoeron qoblahu

  18. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Ass. Pa Ustadz

    apakah praktek dukun atau ilmu sihir itu sendiri turun dari keturunan jin atau iblis seperti yang pak ustadz katakan,? sepertinya masyarakat kita masih banyak yang terkena tipu daya jin dan iblis dong kalau begitu, bagaimana tanggapan bapak mengenai banyaknya masyarakat kita yang masih melakukan praktek tersebut dan melakukannya secara terang terangan?

    terima kasih.

  19. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    ikut nyimak.... emofugue/grin.png

  20. Re: [Paseban Guest 9] Bahaya Perdukunan dan Peramalan

    3874 0 0

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Budaya di negara kita dekat sekali dengan hal-hal mistis, bahkan banyak perayaan islam dicampur baurkan dengan budaya yang kental dengan hal perdukunan seperti bakar kemenyan, mandi kembang 7 rupa, ayam hitam dan lain sebagainya. Bagaimana islam memandang itu? Apakah masyarakat harus melepas budayanya agar tidak melenceng dari ajaran islam?
    Sebanarnya bukan hanya di Indonesia saja, di negara lain juga banyak kejadian seperti ini.

    terimakasih,
    assalamualaikum wr.wb